Sabtu, 26 Juni 2010

Kurang, Pegolf Profesional di Indonesia

Jumlah pegolf profesional Indonesia yang berada di kisaran angka 400 orang dirasa masih kurang. Apalagi, kalau hal itu dikaitkan dengan upaya makin memopulerkan olahraga golf di kalangan generasi muda. Ketua Persatuan Golf Profesional Indonesia (PGPI) H. Syafei Asnaf mengemukakan hal tersebut, kemarin.
"Dengan jumlah itu kami belum mampu melakukan sosialisasi hingga ke daerah-daerah pelosok," kata Asnaf dalam kesempatan persiapan pergelaran turnamen golf profesional CIMB Asia Pacific Classic Malaysia.

Dalam kesempatan itu, selain Asnaf, hadir pula Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Arwin Rasyid, Presiden Direktur Emeralda Golf Club Wahyu Affandi Harun, Head Group Corporate Communications CIMB Group Effendi Shahul Hamid, dan pegolf profesional Indonesia Andik Mauludin.
Kendati demikian, lanjut Asnaf, dari jumlah tersebut, ada 80 pegolf profesional yang tercatat ikut aktif dalam berbagai kejuaraan di Tanah Air. "Kalau anggota lain ingin seperti mereka, tentunya harus ikut aktif pula," kata Asnaf.
Sementara itu, Arwin Rasyid menambahkan, induk usahanya juga tengah menggodok pegolf muda untuk bisa tampil mewakili Indonesia dalam berbagai ajang kejuaraan. "Indonesia punya 12 pegolf usia muda yang sekarang sedang belajar di Malaysia," imbuh Arwin Rasyid.
Lebih lanjut, CIMB Asia Pacific Classic Malaysia merupakan turnamen kualifikasi yang dilaksanakan kali pertama di Jakarta pada 5-6 Juli 2010. Puncaknya adalah kejuaraan dunia bertajuk sama pada  28-31 Oktober 2010 di Mines Resort of Golf Club, Malaysia. Pada kualifikasi ini, ada 24 peserta yang bertanding masing-masing delapan dari Indonesia, Malaysia, dan Malaysia. Dari jumlah itu, akan terpilih satu pegolf mewakili regio Asia Tenggara. "Kalau bisa dari Indonesia ya," kata Arwin.
Di samping Andik Mauludin, nama pegolf profesional Indonesia lainnya yakni Sarmilih KZ juga menjadi unggulan. Lalu, ada Mardan Mamat dan Lam Chih Bing, keduanya dari Singapura, yang juga dijagokan. Terus, dua nama dari Thailand yang disebut-sebut bakal tampil tangguh di ajang ini adalah Thaworn Wiratchant dan Panuwat Muenlek.
CIMB Asia Pacific Classic Malaysia merupakan turnamen yang mendapat pengakuan PGA Tour. Disediakan total hadiah uang sebesar enam juta dollar AS atau setara dengan Rp 55 miliar. Pemenang pertama bakal menerima hadiah tertinggi sebesar 1 juta dollar AS. Lalu, hadiah terendah berada di angka 50.000 dollar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar